Kamis, 13 Agustus 2009

Microsoft Tersandung Microsoft Word

Sebuah perusahaan yang menjadi ikon budaya populer di bidang teknologi, tersandung. Hakim pada Selasa lalu memerintahkan untuk menghentikan penjualan Microsoft Word, salah satu produk terpenting saat ini karena pelanggaran paten. Microsoft Word sendiri adalah fenomena budaya pop.

Leonard Davis, hakim di Pengadilan AS Distrik Texas mengeluarkan perintah permanen "melarang Microsoft dari penjualan atau mengimpor ke Amerika Serikat setiap produk Microsoft Word yang memiliki kemampuan membuka XML,. DOCX atau DOCM file (XML file) berisi kustom XML karena patennya milik perusahaan I4i.

Pemimpin I4i, yang telah memenangkan gugatan terhadap Microsoft ,mengatakan ia tidak bertujuan untuk melihat Microsoft Word diambil dari rak toko.

Bahkan, Dirut I4i, Loudon Owen, mengatakan dia adalah salah satu dari ratusan juta orang yang menggunakan Word. "Kami tidak ingin menghentikan bisnis Microsoft dan tidak ingin mengganggu semua pengguna MS Word di luar sana," ujar Owen dalam wawancara telepon dengan pada Rabu kemarin. Dia menambahkan bahwa perintah pengadilan minggu ini hanya terhadap Word yang dibundel menggunakan kustomisasi teknologi XML karya I4i.

Sebagaimana dicatat sebelumnya, Microsoft memiliki beberapa pilihan, termasuk hukum banding, mengejar penyelesaian, atau mengubah Word di jalur yang tidak menyalahi teknologi I4i.

Walaupun ia tidak dapat berkomentar mengenai teknis pengerjaannya, Owen mengatakan dia akan senang melihat Microsoft meluncurkan versi Word yang menghapus pelanggaran teknologi ini.

Loudon Owen, Sang Bos I4i

"Perintah yang tidak mengatakan tidak boleh ada lagi Word bagi dunia," ujar Owen. "Itu bukan yang kita mau dan itu tidak masuk akal."

Hakim memerintahkan Microsoft membayar US $ 200 juta dari Mei, tetapi tidak mengeluarkan perintah yang melarang Microsoft Word dalam bentuk sekarang ini. Perintah berlaku dalam 60 hari, kecuali Microsoft yang memenangkan banding, yang saat ini sedang diproses.

"Ini jelas suatu bahan putusan oleh US paten standar, tapi kami rasa ini adalah adil," ujarnya.
Tetapi Owen mengatakan I4i berfokus pada produk, bukan pada pengadilan. Owen mengatakan misi I4i mencoba membuat database-siap di seluruh dunia yang sistem informasinya tak terstruktur. Hanya sekitar 10 persen dari hari ini adalah struktur data, tetapi XML dapat mengubah itu.

Perusahaan ini memiliki sekitar 30 karyawan dan telah berdiri sejak 1993, memiliki produk yang digunakan oleh beberapa perusahaan besar, termasuk perusahaan farmasi ternama seperti Amgen, Bayer dan Biogen.

Menariknya, salah satu proyek terbesar perusahaan pada 2001 revisi website US Patent dan Trademark Office bagian pengajuan paten. Walau begitu, paten yang dilanggar Microsoft, sudah didaftarkan sejak 1994 dan pada tahun 1998.

Owen mengatakan dia tidak dapat berkomentar mengenai apakah ada penyelesaian apa pun yang akan dilakukan. Ditanya apakah mungkin ada tempat bagi beberapa jenis kemitraan antara kedua perusahaan, Owen menukas, "Microsoft terlalu besar untuk kami beli saat ini."

Ia kemudian menambahkan bahwa perusahaan bertujuan untuk membantu struktur informasi dunia dan ia akan melakukan apa saja yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. "Kami akan selalu siap dan mampu bermitra dengan mitra baik, siapa pun itu."

Owen, yang salah satu-pendiri perusahaan ventura Mclean Watson yang menyangga I4i punggung punya beberapa pengalaman negosiasi dengan Microsoft. Menurut biografi singkat pada situs Web perusahaan, ia membantu dan menjadi penasihat keuangan perusahaan 3D animasi Softimage yang dijual ke Microsoft pada tahun 1994.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar untuk saling berbagi pengetahuan tentang budaya pop