Senin, 10 Agustus 2009

Budaya Pop Siaran Langsung Penyerbuan Noor Din M Top

Proses penggerebekan Noor Din M Top yang disiarkan langsung.

Fenomena budaya populer saat dua stasiun televisi Indonesia menyiarkan secara langsung penggerebekan kelompok teroris Nor Din M Top begitu terasa. Salah satu khas budaya populer adalah hal-hal yang mempunyai nilai berita tinggi dikemas sedemikian rupa supaya memacu adrenalin.

Yang paling tinggi di antara itu adalah jika yang memacu adrenalin tersebut dapat disiarkan langsung. Itulah sebabnya para wartawan televisi yang perang rela mendatangi garis depan pertempuran. Dengan seizin atau tidak seizin orang-orang yang bertikai. Misalnya perang Amerika Serikat melawan pasukan garda bangsa Irak pimpinan Saddam Hussein beberapa tahun lalu.

Dan, pada 8 Agustus 2009 dini hari tersebut itulah tayangan budaya pop terpampang di mata kita semua. Sebuah rumah terpencil di Temanggung digerebek. Dan proses penggerebekan disiarkan langsung. Dalam hal ini hampir pasti dapat diduga, dua stasiun TV tersebut tidak hanya memperoleh izin, tetapi diminta langsung oleh instansi yang bersangkutan. Sebuah simbiosis mutualisme. Televisi ingin tayangan yang sexy, pemerintah yang sedang kebakaran jenggot karena kecolongan kasus bom J.W. Marriot dan Ritz Carlton memperoleh nama baik kembali.

Bisa jadi hal itulah yang membuat beberapa orang menjadi ragu apakah kejadian itu benar atau sekadar rekayasa. Namun, mengapa harus ragu. Walaupun kemasannya mungkin membuat beberapa orang muak karena mengkormesialisasi suatu proses yang genting, tetapi yah begitulah budaya pop. Selanjutnya terserah Anda.

Mayat buronan teroris nomor 1 di Indonesia di bawa ke Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar untuk saling berbagi pengetahuan tentang budaya pop