Senin, 20 Juli 2009

Bob Marley vs. Mbah Surip




Jumat lalu, Indonesia bersedih karena Jakarta dibom lagi oleh orang yang tidak hanya tidak bertanggung jawab, tetapi juga sangat keji.


Namun tinggalkanlah sejenak tentang bom, jika terlalu dipikirkan, kita memang jadi terteror. Itu yang diinginkan oleh para teroris.


Fenomena budaya pop tepat sebelum bom adalah mencuatnya Mbah Surip dalam kancah musik Indonesia. Entah karena sudah banyak yang bosan dengan lagu cinta yang dikemas hampir tanpa selera, Mbah Surip dengan gaya setengah gilanya, berhasil menerobos pecinta musik Indonesia dengan lagu "Tak Gendong". Ada yang jijik, tetapi banyak pula yang suka.


Dia berkiprah sudah sejak lama, sebelumnya banyak menyanyi off air (kata teman yang ex karyawan sebuah stasiun televisi). Namun, baru belakangan lagunya jadi terkenal. Menurut Mbah Surip, di tengah kekeh-annya yang kadang menjengkelkan, menjelaskan bahwa lagu ini berkisah tentang kebersamaan. Tak Gendong = Together. Walah.


Konon, walau Mbah Surip berdandan selalu mirip dengan Bob Marley, salah satu ikon budaya pop melalui musik reggae-nya, ia menyangkal jika musiknya adalah reggae. Menurutnya genjrang-genjreng gitarnya ya hanya itu kemampuannya. Memang Bob Marley menjadi inspirasi hidupnya, mungkin gaya gimbal dan cara hidup bohemiannya. Entahlah, yang pasti musik uniknya sudah menghasilkan 4 miliar rupiah bagi koceknya. Dan, kabar terakhir sebelum bom meledak di J. W. Marriot dan Ritz Carlton, Mbah Surip bercita-cita membeli helikopter, supaya ada artis Indonesia ada yang punya helikopter katanya. Ia bahkan mau bertanya pada Fauzi Bowo, apakah ada yang menjual helikopter second? Namun, itu semua sebelum bom meledak. Entahlah sekarang.


Apakah mereka bakal jadi pasangan baru? Wah gosip banget nih.
BREAKING NEWS: Penyanyi fenomenal Mbah Surip meninggal dunia, Selasa (4/8/2009) pukul 10.30 WIB. Penyanyi 'Tak Gendong' itu sempat dilarikan ke RS Pusdikkes, Jakarta Timur.
"Iya benar tadi meninggal pukul 10.30 WIB," kata Mega, petugas pendaftaran RS Pusdikkes saat dikonfirmasi detikcom.

Penyanyi bergaya Bob Marley yang terkenal dengan 'I Love You Full' ini berencana membuat album Ramadan tak lama lagi. Dia juga berniat menggandeng Manohara untuk berduet. Tak gendong ke mana-mana. Agaknya rencana itu bakal tidak kesampaian.

2 komentar:

  1. mbah Surip...
    ya oke lah lagunya sebagai keunikan tersendiri, beda dengan lagu2 cinta bertema selingkuh dan patah hati. lha kok tema selingkuh bisa latah dilakukan banyak group band anak muda sekarang.
    well,
    saya bermimpi suatu saat semua orang di bumi ini bisa tersenyum dan berujar pada sesamanya seperti mbah surip "I love you full..."
    semoga aja nggak akan ada lagi perpecahan dan perbedaaan...yang ada hanyalah "lope dimana-mana"...

    BalasHapus

Silakan berkomentar untuk saling berbagi pengetahuan tentang budaya pop