Rabu, 08 Juli 2009

Kemenangan SBY-Boediono dalam Pemilu Presiden 2009

Kemenangan SBY-Boediono adalah kemenangan budaya pop. Apa saja indikatornya? Penayangan hasil polling terus menerus sepanjang kampanye di media massa. Penggunaan jingle yang diambil dari jingle salah satu produk mie instan yang paling populer di Indonesia. Peforma SBY yang berusaha keras untuk "santun" dan penampilan Boediono yang sangat kalem, menjadikan mereka menjadi semacam Indonesia's Sweet Heart. Selamat untuk budaya pop. Anda telah merasuki semua lini kehidupan rakyat Indonesia.

Mungkin pada 2014 cara-cara pemopuleran diri ala budaya pop juga akan digunakan para kandidart presiden kelak. Atau, dunia bakal berubah? Siapa tahu. Bagimanapun, budaya pop yang bisa disebut sebagai budaya rakyat yang dirasuki semangat globalisasi memang makin disukai. Mau tidak mau semua hal yang ingin dikenali rakyat secara spontan dalam alam bawah sadar mereka, harus menggunakan budaya pop sebagai tunggangan. Jika tidak, hal-hal yang ditawarkan dianggap sebagai barang asing.

1 komentar:

  1. Harus diakui, pasangan itu memiliki strategi pemasaran yang bisa diterima masyarakat luas (ditunjang dengan jabatan yang masih dalam genggaman).
    Beberapa 'cacat' yang ada, seperti saat menggunakan fasilitas lapangan rumput Gelora Bung Karno, seperti luput begitu saja dari penilaian masyarakat.
    Baiklah, mari kita terima pilihan bangsa kita, dengan harapan kinerja mereka sebagus strategi pemasarannya.

    BalasHapus

Silakan berkomentar untuk saling berbagi pengetahuan tentang budaya pop