Senin, 13 Juli 2009

Andy Warhol dan 15 Menit Kemasyhuran

Andy Warhol, seorang seniman pionir budaya pop.

Pria yang bernama asli Andrew Warhola (Rusyn: Андрій Варгола, August 6, 1928 – February 22, 1987), adalah pembuat film, pelukis, dan seniman print-ad adalah pionir gerakan seni visual yang disebut seni pop. Setelah sukses berkarier sebagai illustrator iklan, Warhol menjadi termasyhur di seantero bumi dalam karyanya sebagai pelukis, film-film avant-garde, produser rekaman, penulis buku, dan public figure yang dikenal karena ia menjadi anggota berbagai kalangan termasuk kaum bohemian di jalanan, kaum intelektual, selebritis Hollywood, dan aristokrat kaya raya.


Karya-karya Warhol yang paling dikenal adalah lukisan-lukisan (cetakan sablon) kemasan produk konsumen dan benda sehari-hari yang sangat sederhana dan berkontras tinggi, misalnya Campbell's Soup Cans, bunga poppy, dan gambar sebuah pisang pada cover album musik rock The Velvet Underground and Nico (1967), dan juga untuk potret-potret ikonik selebritis abad 20, seperti Marilyn Monroe, Elvis Presley, Jacqueline Kennedy Onassis, Judy Garland, dan Elizabeth Taylor.


Di luar dunia seni, Warhol dikenal dengan ucapannya "Di masa depan semua orang akan menjadi terkenal selama 15 menit". Dia berkata kepada beberapa reporter, "Kalimat terbaru saya adalah, 'Dalam lima belas menit, semua orang akan menjadi terkenal'".


Berikut salah satu karyanya yang menjadi sampul majalah TIME. Sampul TIME 19 Maret 1984 ini bergambar wajah Michael Jackson di puncak kejayaan sang raja pop ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar untuk saling berbagi pengetahuan tentang budaya pop