Kamis, 10 September 2009

Apa Arti Cantik Itu?

Ini kisah tentang Crystal Renn. Gadis kelahiran Miami Florida ini memasuki dunia fashion menjadi model pada usia 14. Walaupun wajahnya menarik, tubuh Crystal dianggap tidak cocok untuk masuk ke bisnis ini atau seperti yang dikatakan agennya, ia harus mengurangi lingkar pinggang hingga 25 cm!

Crystal Renn saat masih berusaha kurus

Crystal Renn akhirnya diet habis-habisan sampai hampir kelaparan dan berolahraga delapan jam sehari untuk mendapatkan tubuh sempurna dengan tinggi 175 cm dan berat 43 kg namun itu tidak alamiah sebab Crystal secara genetis tidaklah langsing. Struktur tulangnya mengharuskan ia tampil sedikit gemuk. Dan, tubuhnya menunjukkan reaksi atas pemaksaan penurunan berat badan: "Meski aku makan makanan yang sehat, tiba-tiba saja tubuhku sudah bengkak. Empat bulan aku tidak pernah makan-makanan berlemak, tetapi agenku tetap saja mengatakan aku harus berdiet. Kamu pasti sedang bercanda."

Lalu, ada masalah serius; rambut Crystal rontok, kulitnya menjadi kering, dan ia berhenti menstruasi! Dia sudah tidak menyantap gula, minuman berkarbonasi, dan lemak. Lalu ia mendapatkan agen yang menyarankan ia menjadi model bagi perempuan berukuran plus.

Crystal yang alamiah

Crystal mulai makan secara normal dan membiarkan tubuhnya mencapai bentuk alamiah 39-32-43. Seperti yang disarankan agen barunya ia ikut seleksi model berbadan plus dalam majalah Vogue Amerika edisi Shape dan Crystal diterima dan sejak itu kariernya menanjak.

Crystal Renn telah difoto dalam berbagai edisi Vogue dan dipilih Dolce & Gabbana untuk iklan internasional produk mereka. Crystal Renn dipilih Jean-Paul Gaultier untuk pagelaran busananya pada Musim Semi 2006 di Paris; Paul berjalan bergandengan dengan Crystal pada akhir pagelaran, yang menolong dunia fashion makin mengenal reputasinya.

Dengan Jean-Paul Gaultier

Yang sangat lucu adalah pasar pakaian Amerika Serikat 43% adalah untuk perempuan berukuran plus; dan pasar ini terus merangkak naik. Ukuran plus sebagai bagian industri sekarang sedang boom dan para desainer pakaian ternama sekarang sedang mulai untuk melihat lebih dekat potensi membuat busana kelas atas dengan ukuran plus.

Sekarang industri fashion didominasi model kurus bak tengkorak hidup, yang kurus alamiah dan yang mengidap anorexia atau melaparkan diri mereka.

Jadi, apakah cantik itu?

1 komentar:

  1. bahkan ada beberapa model yang meninggal karena diet ketat. cantik itu ga harus punya badan kurus kaya tengkorak.

    BalasHapus

Silakan berkomentar untuk saling berbagi pengetahuan tentang budaya pop