Kamis, 17 Februari 2011

Seni Pop


Pop Art, gerakan seni visual tahun 1950-an dan 1960-an, terutama di Amerika Serikat dan Inggris. Gambar-gambar seni pop (disingkat dari "seni populer") diambil dari budaya massa. Beberapa seniman  menggandakan botol bir, kaleng sup, strip komik, rambu-rambu jalan, dan benda-benda serupa di lukisan, kolase, dan patung. Lainnya menggabungkan objek-objek itu ke dalam lukisan atau patung, kadang-kadang mengubahnya menjadi bentuk mengejutkan. Bahan teknologi modern, seperti plastik, busa urethane, dan cat akrilik, sering menonjol. Sebagai salah satu gerakan artistik yang paling penting dari abad ke-20, pop art tidak hanya memengaruhi karya seniman berikutnya, tetapi juga memiliki dampak pada desain komersial, grafis, dan fashion. 


Awal sejarah seni pop termasuk lukisan beraliran Dadaists seperti artis Marcel Duchamp Prancis, bak tradisi, dalam lukisan AS abad ke-19 dan awal ke-20, dari lukisan-lukisan rompe l'oeil gambar dan penggambaran lain objek akrab. Selain itu, sejumlah seniman pop yang pada waktu mereka mencari nafkah dengan bekerja sebagai seniman komersial. 


Gerakan seni pop itu sendiri, bagaimanapun, mulai sebagai reaksi terhadap gaya ekspresionis abstrak tahun 1940-an dan 1950-an, di mana para seniman pop dianggap terlalu intelektual, subyektif, dan bercerai dari kenyataan. Mengadopsi tujuan komposer Amerika John Cage-untuk menutup kesenjangan antara kehidupan dan seniman seni-pop memeluk lingkungan kehidupan sehari-hari. Dalam menggunakan gambar yang mencerminkan materialisme dan vulgar budaya massa modern, mereka berusaha untuk memberikan persepsi tentang realitas bahkan lebih cepat dari yang ditawarkan oleh lukisan realistis dari masa lalu. Mereka juga bekerja untuk menjadi impersonal-yaitu, untuk memungkinkan pengunjung untuk merespon langsung ke objek, daripada keterampilan dan kepribadian artis. Kadang-kadang, bagaimanapun, suatu unsur satir atau kritik sosial dapat dibedakan. 


Di Amerika Serikat, Robert Rauschenberg dan Jasper Johns memberikan dorongan awal-Rauschenberg dengan kolase dibangun dari benda-benda rumah tangga seperti selimut dan bantal, Johns dengan seri lukisan yang menggambarkan bendera Amerika dan target bull's-mata. Karya pop pertama penuh itu saja Apa Artinya Itu Membuat's Home Hari Jadi berbeda-beda, Jadi Menarik? (1956, koleksi pribadi) oleh seniman Inggris Richard Hamilton. Dalam kolase menyindir dua tokoh menggelikan di ruang tamu, keunggulan pop ekses, ketidakpantasan, kekasaran, dan humor yang baik ditekankan. 
Pop Art berkembang pesat selama 1960-an. Pada tahun 1960 seniman Inggris David Hockney diproduksi Typhoo Tea (London, Kasmin Galeri), salah satu lukisan paling awal untuk menggambarkan produk merek-nama komersial. Pada tahun yang sama Johns selesai perunggu cor dicat nya kaleng bir Ballantine.Dalam 1961Claes Oldenburg, seorang Amerika, dibangun pertama dari norak nya, patung plastik lucu hamburger dan lain makanan cepat saji item. Pada saat yang sama Roy Lichtenstein, seorang Amerika, memperpanjang rentang pop art dengan lukisan minyak yang meniru frame meledak-up strip komik. Beberapa seniman pop juga diproduksi kejadian, atau peristiwa teater dipentaskan sebagai benda-benda seni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar untuk saling berbagi pengetahuan tentang budaya pop