Minggu, 07 Februari 2010

Iwan Fals

Beberapa waktu lalu, majalah Rolling Stone Indonesia menobatkan Bongkar sebagai lagu Indonesia terbaik sepanjang masa. Lagu yang dinyanyikan Iwan Fals bersama grup Swami ini sarat kritik sosial yang menjadi simbol oposisi terhadap Orde Baru pimpinan Jenderal Purnawirawan Soeharto.

Pria yang bernama asli Virgiawan Listanto ini memang lekat dengan lagu-lagu yang bertema kritik sosial, misalnya Oemar Bakri, Bento, Tampomas, Galang Rambu Anarki, Lonteku, Ethiopia, dll. Walau begitu dia juga menyanyikan lagu cinta semisal Mata indah Bola Ping-Pong, Kemesraan, Antara Kau Aku & Bekas Pacarmu, dan yang paling fenomenal saat keroyokan menyanyikan Kemesraan, lagu wajib tiap pertemuan pada era 90-an.

Iwan Fals adalah ikon budaya pop Indonesia. Dia seperti mewakili jeritan rakyat yang terbungkam terutama di era Orde Baru. Kini, jeritan rakyat tenggelam di antara makian pejabat dan wakil rakyat. Mungkin perlu seorang ikon budaya pada era Reformasi ini. Foto-foto ini dicuplik dari wawancara dia di acara Kick Andy, awal Februari lalu. Oh ya, tulisan yang lebih lengkap tentang Iwan Fals dapat Anda akses di wikipedia. Kisah tentang salah satu konsernya di tahun 1989 di Istora Senayan dapat Anda dimak di Majalah Tempo.



Iwan Fals di acara Kick Andy. Dia diwawancarai Adi F. Noya


Rosana istri Iwan Fals, biasa dipanggil Mbak Yos. Pada masa-masa terberat Iwan Fals, termasuk saat Galang Rambu Anarki meninggal di usia remaja, Mbak Yos setia menguatkan Iwan.


Setiawan Djodi, pengusaha, rekan Iwan di Swami dan penyandang dana konser Kantata Takwa


Iwan Fals muda, bandingkan dengan penampilan sekarang. Konon, perubahan penampilan dan gaya bermusiknya, sangat dipengaruhi oleh kematian anak sulungnya, Galang

2 komentar:

  1. Salah satu musisi yang bertahan sampai sekarang. Walau aku tidak nge-fans, tapi beberapa karyanya kusuka. Dan kusuka sikapnya yang tidak takut mengungkap pemikiran-pemikirannya walau ada risiko yang harus ditanggung.

    BalasHapus

Silakan berkomentar untuk saling berbagi pengetahuan tentang budaya pop